Selasa, 10 April 2012

Facebook Beli Instagram 1 Miliar Dolar!


Instagram dan Facebook
Instagram dan Facebook (Sumber : techcrunch.com)
Facebook telah menyelesaikan proses pembelian Instagram seharga 1 miliar dolar dalam bentuk cash dan saham. Instagram tetap akan menjadi sebuahbrand yang berdiri sendiri dan terpisah dari Facebook, namun dengan integrasi layanan yang lebih baik.
Instagram sukses membukukan 27 juta pengguna aktif hanya dengan aplikasi berbasis iOS. Dan sejak aplikasi berbagi foto inimendarat di Android, dalam 24 jam tercatat 1 juta pengguna baru telah mendaftarkan diri. Beberapa pengguna mengaku dalam sehari lebih banyak mengunggah fotonya ke Instagram dibandingkan Facebook.
Diberitakan oleh techcrunch, Facebook dan Google telah mengincar kepemilikan Instagram dalam kurun waktu 18 bulan terakhir. Namun atas dasar perkembangan Instagram yang begitu luar biasa, Facebook tak ragu lagi untuk merogoh kocek lebih dalam dan segera mengakhiri perebutan ini. Mengingat berbagi foto dan melakukan tagging adalah fitur utama yang paling digemari di Facebook.
Setelah proses akuisisi ini tim desainer dan engineer Instagram akan segera bergabung dengan Facebook. Namun Instagram diperbolehkan tetap mempertahankan posisi penting di dalam perusahaan dan memelihara kultur dasar korporasi mereka. “Penting bagi kami untuk memastikan bahwa Instagram masih ada.” Demikian yang ditulis CEO Instagram, Kevin Systrom dalam laman blog pribadinya.
Sedangkan bagi Facebook sendiri, langkah ini dipandang sebagai lompatan besar mengingat Facebook sendiri juga merupakan perusahaan yang berusia relatif muda. “Ini merupakan langkah penting bagi Facebook, mengingat ini adalah kali pertama kami melakukan akuisisi atas sebuah perusahaan dengan jumlah pengguna yang begitu besar. Namun kami percaya bahwa kecintaan pengguna berbagi foto adalah salah satu alasan kuat mereka mencintai facebook. Dan kami akan membuat hal itu menjadi lebih menyenangkan dengan bekerja bersama tim dari Instagram,” demikian ditulis oleh Mark Zuckerberg dalam timeline-nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar